Wednesday, April 18, 2012

Langkawi Hitchhike


Beberapa tahun terakhir nama pulau mungil ini kian mencuat. Seiring meningkatnya gairah pariwisata di Malaysia, Langkawi termasuk salah satu kawasan yang mendapat perhatian serius. Berbagai perhelatan internasional pun sering digelar disini. Lembah, pegunungan dan pantai eksotik adalah satu satu nilai jual Langkawi. Namun, minimnya transportasi di Langkawi membuat pulau kecil ini sedikit mahal untuk djelajah. 


Ya, nihilnya transportasi umum membuat taxi dan bus tour jadi pilihan utama bagi pelancong. Padahal backpacker, si pelancong hemat, selalu berusaha mati-matian cari angkot dari bandara menuju penginapan/sebaliknya. 

Nah, bagi kamu yang ngaku backpacker dan ngebet ingin menikmati serunya cable car di oriental village atau mandi bintang di cenang beach, beberapa tips berikut bisa jadi pertimbangan buat menekan “argo” yang sedikit mahal:

1. Cari penginapan di sekitar bandara 

Bandara internasional Langkawi cukup strategis untuk mencapai destinasi favorit, cenang dan cable car. Banyak penginapan kelas melati bisa di booking online jauh hari sebelumnya. Jadi kalaupun kamu naik taksi, tak akan keluar duwit sampai 15 RM. Beda jika kamu pilih penginapan di daerah Kuah Town/Tanjung Rhu, kamu harus merogoh saku minimal 24 RM untuk taksi sekali jalan.

2. Jalan kaki

Tak sulit menemukan alamat penginapan di Langkawi. Selain akses yang mudah, kebanyakan hostel berada dekat jalan utama. Tinggal jalankan aplikasi peta digital, maka kamu akan sangat mudah mencapai penginapan tanpa taksi. Jika perlu, mintalah peta di tourism center bandara. Mereka hafal nama dan alamat hostel di seluruh langkawi. Ini akan sangat membantu 


Selain sehat, jalan kaki juga memberi kesempatan kita untuk lebih lama cuci mata. Banyak bukit di Langkawi yang sayang untuk dilewatkan. Sesekali nikmatilah hijaunya bukit dan pantai dari bandara menuju penginapan.

3. Hitch Hike

Selain taxi, banyak truk kecil berlalu lalang di jalan. Tak sulit menemukan L-300 dan semacamnya. Tinggal lambaikan tangan dan acungkan jempol, jika beruntung kamu akan dihampiri. Kamu juga bisa dapat tumpangan mobil pribadi lho… Dengan cara yang satu ini, sangat mudah bagi kita untuk keliling Langkawi, gratis pula!

Semoga tips diatas bisa jadi referensi kalian untuk liburan sebentar lagi. Jadi, keliling Langkawi lebih ramah kantong dan sedikit menantang :D





No comments:

Post a Comment