Monday, August 5, 2013

WHV 2 (Australia selayang pandang)

Previous post here

Jika kalian harus menebak apa yang saya pikirkan ketika mendengar “Australia”, maka jawaban kalian benar. Iya, ho oh. Pertama yang ada di pikiran saya adalah kanguru, aborigin, dan ketiga, opera. Tapi tahukah kalian darimana pertama kali saya mengenal negara benua ini?

Dulu saya ngefans dengan salah satu group band paling terkenal di Indonesia. Seluruh albumnya kondang dari Aceh sampai Banyuwangi, dari Jakarta hingga Papua. Lagunya mengilhami banyak orang karena liriknya penuh semangat. Group band inilah yang pertama kali mengenalkan saya tentang “negeri wool”. Bukan hanya itu, dia juga mengenalkan saya pada Cina, Jepang, Amerika dan beberapa negara lain di dunia ini. Sampai saya menulis posting ini, sudah tiga kali saya berkunjung ke Jepang. Negara terakhir yang saya singgahi sebelum Australia adalah Cina, Hongkong, dan Macau.


Kata seorang teman yang mengutip sebuah ayat-ayat backpacker: “di kejauhan dan kesendirian, hati akan lebih merasakan dekapan Tuhan”, memberikan saya satu pandangan tentang hijrah, perjalanan untuk mengenal diri, manusia dan alam, menjauhkan diri dari rasa angkuh, dan mendekatkan diri kepada tuhan. Terilhami oleh group band favorit saya kala itu, Trio Kwek Kwek, dan ayat-ayat backpacker, rasa penasaran saya oleh kanguru dan orang orang aborigin kini terobati sudah.

NEXT: WHV 3


No comments:

Post a Comment