Monday, May 23, 2011

Bedul

Sisi lain TNAP mengurangi pemanasan global

Mangrove terbaik di Jawa ada disini. Cilacap? Kalah. Surabaya? Heh, apalagi! Terletak di sepanjang teluk Grajagan, wisata mangrove sunyi, alami, dan mewah dapat kamu nikmati. Hanya dengan tujuh ribu PERAK! kamu bisa mengarungi mangrove alami spektakuler dengan menggunakan gondanggandungWhat the heaven is that? gondanggandung adalah perahu wisata yang disediakan khusus untuk memuat dua puluh wisatawan menyeberang teluk mengelilingi mangrove. Many many gondanggandungs are available :)

bridge to go

Setelah menyeberang teluk, kamu akan berjumpa dengan banyak komunitas tanaman mangrove beserta kantor/posko Dinas Kehutanan sebagai ranger office-nya. Disini kamu bisa mengorek penjelasan lengkap tentang Bedul dan beberapa tetangganya. Jangan salah bos! ternyata Bedul bukan satu-satunya tempat yang layak dikunjungi di blok ini. Masih terdapat banyak tempat yang lebih menarik lagi disekitar Bedul. Semua akan dijelaskan secara gamblang oleh petugas Dinas Kehutanan. Kamu akan ditunjukkan beberapa peta yang menjelaskan lokasi-lokasi tersebut.


gondanggandung bukan "gondalgandul"


Puas dengan penjelasan Pak Polhut, selanjutnya kamu bisa menikmati deburan ombak khas pantai selatan dengan berjalan kaki menembus alas tak lebih dari 1 km. Hutan dan pantai ini masih masuk TNAP. Nah, kalau beruntung seperti aku, kamu akan berjumpa beberapa satwa mulai dari alas sampai masuk pantai, termasuk seekor merak yang dengan percaya diri memekarkan ekornya di sebelah ombak. It was my first experience during the whole my life, you know! hahaha..... (tapi belum sempet poto bareng. Si merak keburu capcus!!!)



maaf salah jepret! (petugas bedul mau nyelam)

Panjang teluk Grajagan 12 km. Blok Bedul memiliki panjang kurang lebih 8-9 km dengan lebar 200 m, 3 km sisanya adalah lokasi penangkaran dan penangkapan udang. Nilai plus dari Bedul adalah tersedia banyak tempat sampah yang membuatmu sulit untuk mengotori mangrove. Hampir tak ada sampah berkeliaran sekitar Bedul. Mulai dari tempat parkir, warung lesehan, sampai jembatan dermaga gondanggandung  tersedia tempat sampah. Selain itu, fasilitas pemandian juga disediakan. Jadi kamu tak perlu repot main-main air di sela-sela akar mangrove. Fasilitas pemandian cewek cowok berpagar bambu disediakan sebelum memasuki mangrove. Tak jauh dari pemandian dan tempat parkir terdapat hut dan warung-warung coklat dari kayu beratap kering-kering daun untuk berlesehan setelah menikmati Bedul.


"Indonation" food!

lesehan hut alias cozy corner, nearby mangrove 

Blok Bedul masih dalam kawasan TNAP, blok baru ini terletak di desa Sumberasri kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi selatan. Sebelum mencapai Bedul, kamu dimanjakan oleh jalan mulus melewati hamparan sawah kedelai, jeruk, dan semangka. Setelah itu kamu akan menerobos hutan jati seluas 135 ha cakupan petak 91 perhutani unit II Jawa Timur KPH Banyuwangi Selatan BKPH Curahjati

Mencapai Bedul
Searah dengan rute Gua Maria. Jalan super mulus. Sebelum Gua Maria butuh sedikit kesabaran. Namun Bedul menyambut baik semua jenis kendaraan pribadi. Tersedia pula sarana transportasi menuju kesana sesuai rute. Baik dari Banyuwangi kota ataupun Kalibaru bertemu di pertigaan Benculuk.

Bis dari arah Banyuwangi kota>>pertigaan Benculuk IDR 5.000, Kalibaru>>pertigaan Benculuk IDR 8.000. Benculuk>>Pasar Curahjati naik angkot IDR 10.000, pasar Curahjati>>Bedul ojek IDR 5.000. HTM: IDR 2.000 roda dua, IDR 3.000 roda empat. Wisata mangrove: IDR 7.000 lokal, IDR 20.000 asing.




No comments:

Post a Comment