Friday, September 7, 2012

SEASON 4 Chapter 7 (Borneo Coast to Coast)

Previous post here

KK (baca: KeKe), singkatan keren dari Kota Kinabalu.

Borneo dikuasai tiga negara. Brunei, Malaysia, dan Indonesia (kadang Filipina ikut2an). Beragam cara mereka lakukan untuk menarik jumlah pengunjung, apalagi kalau bukan dalam rangka pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Terlebih nama borneo tidaklah asing di jagat pariwisata. Mereka Seakan menawarkan pada dunia “inilah kami, negara borneo yang cantik dan memesona. Datanglah kemari dan nikmatilah laut kami, penyu yang lucu-lucu, hutan perawan dan gunung yang gagah ini”. Usaha keras itu tampak salah satunya dengan dibukanya jalur penerbangan internasional langsung dari dan ke borneo. KK contohnya, banyak penerbangan internasional langsung menuju ibukota sabah ini. Korea, China, Hongkong, Macau, Brunei, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Indonesia. Alhasil, keberhasilan pembangunan kilat di KK pun kentara.

Dari Taipei  saya tempuh perjalanan udara menuju KK menggunakan Airasia. Bandara terbesar kedua di Malaysia setelah Kuala Lumpur ini memiliki 2 terminal. Saya tiba di KKIA pukul 13.15. Tiga jam  di KK saya sempatkan keliling kota sekitar bandara saja karena saya harus ke Brunei malam nanti. Tak ada shuttle antar bandara disini. Dari terminal 1 saya berganti menuju terminal 2 menggunakan taksi tak kurang dari 30 menit. Walau tidak cukup lama, saya sempat menikmati pemandangan kota karena perjalanan antar terminal harus melalui jalan utama. Kota ini tampak bergairah dan tertib. Transportasi memadai dan lalu lintas cukup nyaman.


Sebagai ibukota Sabah, KK memiliki cukup banyak tempat yang layak untuk di explorasi, salah satu yang paling terkenal adalah Kinabalu National Park dengan gunung kinabalu sebagai destinasi utamanya. Dalam hati saya berjanji suatu saat nanti pasti saya akan menggapai puncak itu, menaklukkanmu wahai kinabalu, paling tidak naik gunungnya saja lah, sambil membangun tenda dan menghabiskan malam romantis disana, di depan api unggun. Amboyyy...

NEXT: SEASON 4 Chapter 7 (bag 2) 

No comments:

Post a Comment